Api abadi dari India diserahkan kepada Bupati Sleman Sri Purnomo di Keraton Ratu Boko jelang disatukan dengan api abadi dari Mrapen Jawa Tengah di Candi Prambanan oleh Wapres Jusuf Kalla petang nanti.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan akan mempertemukan api Asian Games 2018 dari India dengan api dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah. Proses penyatuan dua api itu akan dilakukan di Candi Prambanan pada Rabu (18/7) petang ini.

Api dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah diambil sekitar pukul 07.00 WIB. Kemudian, api dari Mrapen ini akan dibawa ke Candi Prambanan. Setelah itu. api dari Mrapen akan dipersatukan dengan api dari India oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla .

Api yang telah dipersatukan akan dibawa ke Kraton Yogyakarta dan menginap di sana. Pada Kamis (19/7) pagi, api dikirab ke sejumlah titik di Yogyakarta. Setelahnya, api akan dibawa ke 53 kota. Api akan menempuh jarak 18.000 kilometer dan dijadwalkan akan tiba di Jakarta saat pembukaan Asian Games 2018.

Api obor Asian Games 2018 diambil langsung dari India. Api itu tiba pertama kali di Indonesia dan mendarat di Yogyakarta pada Selasa (17/7) kemarin.

Api dibawa oleh legenda bulutangkis Indonesia, Susi Susanti. Dibantu oleh tim dari TNI AU, api obor Asian Games dari India ini diterbangkan ke Indonesia menggunakan pesawat Boeing 737. Api Asian Games 2018 itu ditempatkan di wadah khusus yang bernama Tinder Box.