Sebanyak 35 Siswa-siswi perwakilan dari sekolah yang ada di Kabupaten dan Kota Daerah Provinsi Jawa Tengah telah lolos mengikuti seleksi Program BUMN Hadir Untuk Negeri yaitu program Siswa Mengenal Nusantara tahun 2018 yang nantinya akan melakukan pertukaran pelajar ke Kalimantan.

Acara seleksi yang di pusatkan di kota Semarang ini merupakan Program BUMN Hadir Untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara (SMN), bertujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Program ini juga merupakan sinergi antar BUMN salah satunya PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko yang turut serta andil dan mendukung program Siswa Mengenal Nusantara.

Manager PKBL TWC Bambang Sarwo Eddy yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa seleksi Siswa Mengenal Nusantara merupakan tahapan untuk menentukan dan terpilih setelah proses test tertulis esay, mengerjakan soal2 yang diakomodir oleh Diknas dan terakhir wawancara pada tahap akhir sehingga terpilih 35 siswa yang akan berangkat menuju Propinsi Kalimantan Barat.

Sementara itu dalam sambutannya Agus Supriyono VP CSR KAI yang mewakili dari BUMN-BUMN yang turut serta dalam program ini mengucapkan terima kasih kepada tim dari Dinas pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah yang membantu kegiatan seleksi siswa mengenal Nusantara tahun 2018 di Provinsi Jawa Tengah berjalan dengan lancar.

Harapannya apa yang di tuju dengan mewakili dari 35 kabupaten dan kota selama dua hari kemarin melaksanakan hingga hari ini sudah mendapatkan 35 siswa yang sesui dengan harapan.

Hasil seleksi yang di laksanakan sesuai dengan regulasi, persyaratan yang ada di usahakan sepmaksimal mungkin dan berharap kedepan apa yang sudah dihasilkan ini juga membawa nama baik Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Sulistyono Kabid SMK mengatakan bahwa seleksi ini betul-betul obyektif, tidak memihak, siapun dia dari sekolah manapun.

Dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah selalu mempunyai komitmen berusaha tidak terbaik tetapi berusaha baik karena menyadari saat ini memiliki SMK Negeri sebanyak 235 dan 1348 SMK Swasta sedangkan SMA Negeri memiliki 360 240 SMA Swasta.

Lebih lanjut Sulistyono menegaskan kepada siswanya, “tunjukan karekter kalian yang beda, karakter itu penting, tunjukan kembali kesekolah kalian, saya yang terbaik, saya harus bisa merubah sistem ini, saya harus bisa menunjukan bahwa saya terbaik di lingkunganya.

Huda salah satu siswa yang lolos seleksi merasa sangat bangga sekali bisa mengikuti seleksi program siswa mengenal Nusantara tahun 2018 Jawa Tengah, bisa mendapatkan keluarga baru, teman baru, wawasan yang luas tentang mengenai daerah – daerah dari teman-teman lain.

Nantinya Huda akan mengenalkan lagu-lagu daerah jawa dan kebudayaan budaya jawa tengah khususnya saat di pertukaran pelajar di Kalimantan.

Menurut Huda program Siswa Mengenal Nusantara ini sangat perlu dan kedepannya perlu dilanjutkan karena program ini sangat membantu dan bisa memberikan kesempatan bagi pelajar, siswa lainnya khususnya yang kurang mampu mengenal budaya lain mengenal budaya di daerahnya sendiri dan program ini sangat bagus.