Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis & Pemerintahan Kementerian Pariwisata M Tazbir : “Kinerja Taman Wisata Candi semakin baik. Tahun 2018 kami berharap Borobudur ( Taman Wisata Candi ) mampu membangun sinergi yang lebih kuat lagi dengan BUMN – BUMN karena memang ada suatu potensi yang bisa digerakkan Sinergi BUMN untuk pariwisata.”

Keberhasilan Taman Wisata Candi menggelar Borobudur Cultural Feast 2017 yang mampu menggerakkan masyarakat local untuk terlibat serta pembangunan balkondes melalui Sinergi BUMN sehingga menjadi model nasional mendapat tanggapan yang positif dari Kementerian Pariwisata. Tahun 2018, Kementerian Pariwisata berharap Taman Wisata Candi mampu bisa menjalin lebih banyak lagi komunikasi atau sinergi dengan BUMN – BUMN karena memang ada suatu potensi yang bisa digerakkan Sinergi BUMN untuk pariwisata karena pariwisata sekarang menjadi prioritas nasional kita.

“ Taman Wisata Candi ini, khususnya Borobudur dan kawasan sekitarnya adalah satu target nasional kita. Bahwa Borobudur adalah suatu asset bangsa dan asset dunia dan ini menjadi magnet parwisata kita. Kita punya target – target nasional untuk meningkatkan kunjungan ke Borobudur. Tahun lalu sudah 3,7 juta wisatawan dan tahun ini kita harap 3,9 juta wisatawan. Ini naik terus. Makanya festival – festival seperti Borobudur Cultural Feast 2017 ini mempunyai makna yang luar biasa, tidak hanya segi promosi Borobudur itu sendiri atau aktivitas sekitar Borobudur itu, tapi juga menggerakkan masyarakat local. Masyarakat sekeliling ini dapat menjadi bagian tak tepisahkan dari majunya Borobudur ini. Ini adalah sinergi yang bagus. Kami di Kementerian Pariwisata mengharapkan ini berlanjut terus, bisa dikembangkan, bisa untuk memperkuat promosi Borobudur itu sendiri serta juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat local. “ kata Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis & Pemerintahan Kementerian Pariwisata M Tazbir.

“ Kementerian Pariwisata merasa ini menjadi bagian dari event yang kami juga berkepentingan untuk membranding Pesona Indonesia, Wonderful Indonesia, melalui event – event ini juga bagian dari program nasional kita. Kinerja Taman Wisata Candi semakin baik. Kami melihat kebersihan oke, penataan – penataan semakin baik dan yang lebih penting lagi masyarakat merasakan keterlibatannya dan fungsinya. Kedepannya tentu akan semakin baik. Tahun 2018 tentu kami berharap Borobudur ini juga mampu membangun sinergi yang lebih kuat lagi, apalagi dengan adanya balkondes. Balkondes menjadi model nasional serta menjadi potensi yang kita bisa kembangkan sebagai produk wisata. 2018 mudah – mudahan Borobudur bisa menjalin lebih banyak lagi komunikasi atau sinergi dengan BUMN – BUMN karena memang ada suatu potensi yang bisa digerakkan Sinergi BUMN untuk pariwisata karena pariwisata sekarang menjadi prioritas nasional kita. “ tambah M Tazbir.